Thursday, September 6, 2012

Tugas Akhir D3 Manajemen Informatika

BAB I
PENDAHULUAN



1.1. Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan zaman, perkembangan teknologi pun semakin maju dan berkembang. Bisa dikatakan, teknologi sudah merambah hingga ke berbagai macam aspek kehidupan, tak terkecuali ke dalam dunia pendidikan. Saat ini, dunia pendidikan semakin berhubungan dengan komputer. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi, yang senantiasa menyediakan berbagai macam sarana dan prasarana untuk memperlancar kegiatan yang berhubungan dengan proses akademik.
Perkembangan dan pemanfaatan teknologi informasi terutama dalam pemanfaatan teknologi komputer untuk pengolahan data juga menjadi perhatian dari kalangan pendidikan, khususnya instansi sekolah. Berbagai program sekolah bisa dikembangkan menjadi sistem yang kinerjanya menggunakan perangkat komputer, dan salah satu program tersebut adalah dapat mempublikasikan informasi sekolah serta pendaftaran siswa baru menggunakan media internet atau menggunakan sistem berbasis web.

Website adalah salah satu media dalam mempublikasihkan informasi melalui internet, karena sifat internet dapat diakses selama 24 jam non-stop dengan wilayah cakupan yang sangat luas. website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau sub-domain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet
Aplikasi web atau bisa disebut juga dengan perangkat lunak berbasis web telah berkembang dengan pesat baik dari segi penggunaan, ukuran, bahasa yang digunakan dan kompleksitasnya. Dalam pembuatan website bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa PHP dan MYSQL.
Madrasah Tsanawiyah Islamic Center Baitul Makmur sebagai sebuah instansi sekolah yang mengkhususkan pada dibidang pendidikan, mengemban tugas penting dalam menyebarkan informasi yang berkaitan dalam bidang pendidikan kepada masyarakat luas. Penyampaian informasi akademik yang pada mulanya dilakukan secara konvensional yakni melalui pertemuan langsung. Cara konvensional merupakan cara manual dalam memberikan informasi akademik. berkat kemajuan teknologi informasi memungkinkan penyampaian informasi tadi dapat disampaikan dengan berbagai cara. Salah satunya melalui website. Penggunaan website ini sangat besar manfaatnya apabila diterapkan pada MTs islamic center baitul makmur karena dirasa akan memberikan solusi yang cukup praktis terhadap permasalahan yang seringkali terjadi.
Di awal perkembangan world wide web hanya digunakan untuk kalangan akademis dan riset, namun sekarang world wide web digunakan untuk bisnis dan hiburan. Dengan berkembangnya kemajuan teknologi ini dan untuk mempermudah MTs islamic center baitul makmur dalam mempublikasikan informasi akademik dan pendaftaran siswa baru, maka penulis membuat suatu sistem informasi akademik di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Islamic Center Baitul Makmur Rejang Lebong Curup, karena  di MTs Islamic Center Baitul Makmur belum mempunyai sebuah sistem informasi akademik berbasis web.
Dari uraian diatas maka penulis tertarik untuk mengangkat judul  “SISTEM INFORMASI AKADEMIK MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) ISLAMIC CENTER BAITUL MAKMUR REJANG LEBONG CURUP BERBASIS WEB”.
1.2. Rumusan Masalah
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian di MTs Islamic Center Baitul Makmur adalah bagaimana merancang suatu sistem informasi akademik Madrasah Tsanawiyah Islamic Center Baitul Makmur  Kabupaten Rejang Lebong berbasis web.
1.3 Batasan Masalah
Berdasarkan pokok permasalahan di atas, maka yang menjadi batasan masalah dalam penelitian di MTs Islamic Center Baitul Makmur adalah merancang suatu sistem informasi akademik MTs Islamic Center Baitul Makmur Kabupaten Rejang Lebong berbasis web. Didalam penelitian, penulis menggunakan program PHP dan MYSQL. Dan juga penelitian ini penulis menggunakan media intranet.
1.4. Tujuan
Adapun tujuan diadakannya penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.        Sebagai salah satu syarat untuk pembuatan tugas akhir Jurusan D3 Manajemen Informatika di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Rejang Lebong Curup.
2.        Website ini bertujuan untuk mempermudah sekolah MTS Islamic Center Baitul Makmur dalam mempublikasikan informasi tentang sekolah kepada masyarakat luas.
1.5.Manfaat Penelitian
Manfaat yang diharapkan dari penyusunan Laporan Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut:
1)      Secara Teoritis
Dapat menambah ilmu dalam berpikir dan kontribusi ilmiah teknologi komputer terutama terhadap segala hal yang berkaitan dengan pembuatan website.
2)      Secara Praktis
1.        Bagi penulis dapat menerapkan ilmu yang diperoleh selama belajar di Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri Curup di dalam kehidupan sehari-hari.
2.        Bagi sekolah adalah dapat mempercepat pekerjaan dalam memberikan informasi tentang sekolah dan meningkatkan kualitas yang terbaik untuk sekolah MTS Islamic Center Baitul Makmur.
3.        Bagi STAIN adalah sebagai tambahan informasi dan referensi khususnya bagi mahasiswa yang akan menyusun tugas akhir.
1.6. Metodologi Penelitian
             Metodoligi penelitian adalah analisis teoritis mengenai suatu cara atau metode, untuk mengatasi masalah yang dihadapi. Sedangkan maksud dari analisis teoritis adalah metode-metode ilmiah yang akan di terapkan dalam pelaksanaan tugas. Dalam penyusunan tugas akhir, penulis menggunakan beberapa metode penelitian. Metode yang digunakan adalah sebagai berikut:
1.  Waktu dan Tempat Penelitian
Adapun penulis melakukan penelitian yang dilaksanakan pada bulan April 2011 sampai dengan bulan Juni 2011. Penulis melakukan penelitian di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Islamic Center Baitul Makmur Kabupaten Rejang Lebong Curup yang beralamat di Jl. S. Sukowati No. 50 Curup.
2. Jenis Penelitian
Dalam pembuatan Tugas Akhir ini, penulis menggunakan jenis penelitian Research and Developmen, yaitu Kegiatan penelitian dan pengembangan, yang memiliki kepentingan dalam kaitannya dengan riset ilmiah dan pengembangan aplikatif di bidang teknologi.
3. Metode Pengumpulan Data
Penulis menggunakan beberapa metode pengumpulan data, yaitu:
1)   Metode Observasi
Yaitu teknik atau pendekatan untuk mendapatkan data primer dengan cara mengamati langsung obyek datanya[1].
2)   Metode Wawancara
Yaitu komunikasi dua arah untuk mendapatkan data dari responden.
3)  Studi Pustaka
Yaitu pengumpulan data dengan cara membaca dan mempelajari buku-buku yang berhubungan dengan judul yang penulis buat. Penulis melakukan studi pustaka di perpustakaan STAIN CURUP.
4. Metode Perancangan
Dalam metode perancangan, dapat ditempuh dengan beberapa tahap antara lain sebagai berikut :
1.      Tahap Analisis Sistem
Tahap Analisis Sistem adalah sebuah tahap pengidentifikasian sebuah masalah secara jelas dan kemudian menentukan cara pemecahannya.
2.      Tahap Design
Pada tahap ini programmer membuat rencana mekanisme program yang meliputi bentuk input dan output yang merupakan gambaran tentang data yang diproses dan informasi yang dihasilkan. Agar program yang disusun dapat terarah dan menghasilkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan.
3.      Tahap Coding
Penyusunan program dilakukan dengan menggunakan bahasa pemograman yang sesuai. dengan objek penelitian. Pada tahap ini penulis menggunakan bahasa pemrograman PHP.
4.      Tahap Debuging
Pada Debuging adalah tahap melakukan pencarian kesalahan-kesalahan program dan memperbaiki kesalahan tersebut sehingga program yang dibuat dapat berjalan dengan baik.
5.       Tahap Dokumentasi
Tahap terakhir ini adalah menuliskan petunjuk mengenai penggunaan program agar mudah dijalankan oleh pihak yang berkepentingan.
1.7. Sistematika Penulisan
BAB I.  PENDAHULUAN
Menjelaskan tentang, Latar Belakang, Rumusan Masalah, Batasan Masalah, Tujuan Penelitian, Manfaat Penelitian, Metodologi Penelitian, Sistematika Penulisan.
BAB II.  LANDASAN TEORI
Menjelaskan tentang Pengertian sistem informasi, Akademik, madrasah Tsanawiyah, Web, Tinjauan Umum Perangkat Lunak, Pengertian Sistem Operasi, Pengertian Tentang PHP (Hypertext Preprocessor) dan Basis Data MySQL, Konsep Perancangan Database yang akan digunakan sebagai Landasan Analisa, Diagram alir Data, Data Flow Diagram.
BAB III.  TINJAUAN UMUM INSTANSI
Dalam bab ini memuat tentang gambaran umum obyek peneliti yang meliputi sejarah berdirinya sekolah, struktur organisasi sekolah, tugas dan tanggung jawab.
BAB IV.  ANALISA DAN HASIL
Meliputi Analisa sistem, desaign sistem, Data flow Diagram (DFD), Entity Relationship Diagram (ERD), Flowchart, Rancangan Database, Rancangan Output, Rancangan antar muka (menu), Rancangan Input, Hasil, Testing, Implementasi.
BAB V.  PENUTUP
Meliputi  Kesimpulan dan Saran.
DAFTAR PUSTAKA
Berisi daftar bacaan atau referensi yang menjadi sumber dan dasar penulisan Laporan Tugas Akhir
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Berisi Listing Program, Surat Keterangan Penelitian dan lain-lain


1 comment:

Post a Comment